4 Entrepreneur Sukses Memulai Bisnis dari Nol
Publikasi tanggal June 20, 2015 di Artikel & Tips, Slide

artiker-enterpreneur

Roma tidak dibangun dalam sehari.

Ketika Anda merasa ingin menyerah karena bisnis sedang berjalan di tempat, maka ingatlah selalu pepatah tersebut. Membesarkan bisnis bukanlah hal mudah, apalagi jika dilakukan dari nol. Banyak pengorbanan yang harus dilakukan, baik secara fisik maupun materi.

Namun, susah bukan berarti mustahil. Dengan usaha, komitmen kuat serta kegigihan, Anda pasti bisa mencapai keberhasilan, seperti yang sudah dibuktikan oleh 4 entrepreneur ini. Siapa saja dan seperti apa mereka merintis bisnis?

Simak kisah sukses para entrepreneur berikut ini.

Hendy Setiono – Kebab Baba Rafi

Bagi penyuka santapan kebab, tentu tak asing lagi dengan nama Kebab Baba Rafi. Jaringan waralaba terbesar ini didirikan oleh Hendy Setiono pada tahun 2003. Bermodalkan uang pinjaman sebesar Rp 4 juta, ia merintis bisnis kebab dengan menggunakan sebuah gerobak dorong.

Entrepreneur yang pernah  meraih penghargaan “Asia’s Best Entrepreneur Under 25 Years" oleh majalah Business Week ini memiliki awal mula bisnis yang getir. Idenya sempat tidak mendapat restu orang tua dan uang hasil penjualan pernah dibawa kabur oleh karyawannya sendiri.

Tapi Hendy tidak putus asa.

Ia terus berjuang hingga mencapai kesuksesan. Saat ini, bisnis Kebab Turki Baba Rafi miliknya telah memiliki lebih dari 1200 outlet, dan tidak hanya beroperasi di Indonesia tapi juga tersebar hingga Malaysia, Filipina, Belanda, Jerman, Belgia, dan Inggris.

Hanifa Ambadar – Female Daily Network

Bermula dari kegemarannya menulis di blog, Hanifa Ambadar sukses membesarkan forum online wanita terbesar di Indonesia, di bawah bendera PT Daily Dinamika Kreasi atau Female Daily Network (FDN).

Kisah suksesnya berawal saat masih menempuh studi di Amerika. Hani, panggilan akrab Hanifa, memiliki blog yang awalnya untuk kalangan pribadi. Tanpa disangka, blog tersebut sukses menarik perhatian umum.

Sepulangnya ke Indonesia, Hani berinisiatif untuk membuat bisnis berbentuk sebuah forum yang diberi nama femaledaily.com. Dengan modal uang Rp 100ribu/tahun untuk domain dan Rp 1 juta/tahun untuk hosting, ia mulai membangun bisnis web-nya.

Kerja keras Hani telah membuahkan hasil. Beberapa penghargaan sebagai Digital EntrepreneurWanita telah diraihnya. Female Daily pun telah berkembang menjadi salah satu media online raksasa di Indonesia dengan pengunjung lebih dari 1,3 juta per bulan.

Yongki Komaladi – Sepatu dan Tas Yongki

Jika Anda seorang penggemar sepatu dan tas, tentu tak asing dengan merek Yongki Komaladi. Merek yang memiliki nama sama dengan perancangnya ini bisa dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan.

Kesuksesan Yongki Komaladi bukan hal instan. Ia memulai bisnisnya pada tahun 1989 dengan modal usaha Rp 4 juta. Meski tak memiliki latar belakang bisnis, Yongki tetap yakin bisa meraih kesuksesan karena memiliki keinginan kuat dan kemauan untuk belajar.

Dan hal itu akhirnya terbukti.Meski butuh waktu belasan tahun, tapi saat ini bisnis sepatu Yongki Komaladi sudah sukses memiliki nama. Produknya pun tidak hanya dijual untuk pasar Indonesia tapi juga pasar Internasional.

Delia Murwihartini – Dowa Bag

Anda gemar mengoleksi tas? Tentu pernah mendengar merek Dowa Bag. Tas rajut hasil karya Delia Murwihartini ini telah berhasil menarik minat pelanggan hingga pasar Internasional.

Delia memulai bisnis tas rajut di Yogyakarta pada tahun 1989. Selain memproduksi sendiri, ia pun memasarkan tas-tas tersebut secara langsung dari pintu ke pintu. Usahanya mulai menunjukkan hasil ketika seorang pembeli berminat untuk memasarkan produknya di Amerika.

Tahun 1995, tas rajut miliknya resmi masuk pasar Amerika dengan label The Saks dan pasar Eropa dengan label The Reads. Di Indonesia, tas rajut miliknya diberi label Dowa.

Bukti kesuksesan bisnis Delia juga terlihat dari jumlah karyawannya. Tadinya, ia hanya mempekerjakan 5 orang saja, tapi sekarang jumlah pegawainya sudah mencapai lebih dari 300 karyawan dan 3000 pengrajin di desa. Luar biasa bukan?

Bagaimana sob, siap menjadi seorang entrepreneur sukses?

sumber

Tinggalkan komentar Anda