Apa, bagaimana dan siapakah AO itu?
Publikasi tanggal February 9, 2017 di Artikel & Tips, Slide

doc3332

Account Officer (AO) berperan sangat penting bagi Perbankan Indonesia yang sebagian besar pendapatannya berasal dari penyaluran kredit.

AO adalah orang yang bertugas mencari nasabah yang layak sesuai kriteria peraturan Bank, menilai, mengevaluasi, mengusulkan besarnya kredit yang diberikan kepada nasabah. Untuk mendapatkan seorang AO yang berkualitas, diperlukan pendidikan yang memadai dan jam terbang, agar bisa mengenali usaha yang layak dibiayai. Sebelumnya AO akan membuat perencanaan, usaha apa saja yang layak dibiayai diwilayahnya, dan berapa kira-kira dana yang diperlukan untuk menyalurkan kredit tersebut. Kemudian AO akan melakukan kunjungan ke usaha nasabah, melakukan wawancara, menggali sebetulnya apa yang diperlukan oleh nasabah tersebut.

Bank bebas menghimpun dana dari pihak ketigas sepanjang kegiatan tersebut tidak bertentangan dengan peraturan. Kemudian dana yang telah dihimpun oleh bank akan disalurkan kembali dalam bentuk Kredit kepada masyarakat ( inilah yang dinamakan dengan fungsi intermediasi bank ). Dengan menggunakan dana pihak ketiga tentu penyaluran kredit yang dilakukan bank haruslah menjunjung tinggi prinsip kehati-hatian bank. Lini terdepan dari kegiatan bank dalam penyaluran kredit ini ditangani oleh AO. Berikut ciri-ciri seorang AO :

Tinggalkan komentar Anda