Tips menyiapkan Modal Usaha Anda
Publikasi tanggal February 8, 2017 di Artikel & Tips, Slide

doc17834

Memulai bisnis secara mandiri merupakan salah satu cara yang digunakan oleh banyak orang untuk mengumpulkan income tambahan.

Motivasi yang tinggi untuk berbisnis sering kali belum didukung dengan persiapan yang matang, khususnya persiapan modal usaha. Sebagai seorang yang baru akan memulai berbisnis sebaiknya perlu dilakukan perencanaan keuangan yang matang. Perencanaan keuangan ini adalah untuk

meminimalkan tingkat resiko yang akan terjadi terhadap keuangan kita jika suatu saat terjadi sesuatu hal yang tidak kita harapkan. Berikut ini ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan modal untuk Bisnis dan Usaha Anda :
1. Persiapkan Dana Darurat Usaha
Dana Darurat ini berfungsi sebagai Dana Cadangan yang dapat diambil jika kelak usaha kita sedang dalam kondisi darurat. Misalnya dipakai untuk mendukung biaya operasional atau pembelian bahan pokok apabila ternyata pembayaran tagihan kita belum dibayarkan dan mengakibatkan cash flow terganggu.

2. Hindari Hutang Konsumtif, usahakan hutang yang produktif
Jika ingin mengajukan pinjaman dari Bank, sebaiknya dilakukan saat usaha tersebut telah berjalan minimal 2 tahun. Karena itu berarti usaha tersebut mulai stabil kondisi keuangan dari usaha yang dijalankan. Hindari hutang yang bersifat konsumtif untuk menghindari beban bunga yang dapat mengganggu usaha anda.

3. Miliki Asuransi
Asuransi pertama yang wajib dimiliki adalah asuransi pribadi (Asuransi kesehatan dan Asuransi Jiwa). Pastikan Asuransi yang Anda miliki merupakan asuransi murni yang yidak dicampur dengan investasi agar uang pertanggungan yang diberikan maksimal. Kemudian Asuransikan Gedung, Mesin, Kendaraan, atau yang berkaitan dengan investasi usaha Anda agar Anda memiliki proteksi terhadap tambahan biaya apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan komentar Anda